Sebanyak empat siswa berkebutuhan khusus SMP Luar Biasa, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN), Girimaya, Kota Pangkalpinang mengikuti ujian Nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) pada Rabu (24/4/2019).

Dari empat siswa yang mengikuti UNKP itu, satu diantaranya merupakan siswa tunanetra.

Agar bisa mengerjakan soal braile ujian nasional, siswa tunanetra didampingi guru pendamping.


Kepala sekolah SLBN Pangkalpinang, Warsih Sri Wahyuni mengatakan di SLB Negeri Pangkalpinang siswa yang mengikuti ujian nasional berbasis kertas itu diikuti tiga tunarungu wicara dan satu tunanetra.

“Anak-anak mengalami kesulitan dalam pemahamannya, apalagi untuk bahasa Indonesia, bahasa pengantarnya lebih banyak, banyak kata-katanya. Jadi mereka kesulitan untuk memahami. Kalau kami untuk memudahkan pemahaman mereka, biasanya dengan gambar. Kalau kata-kata saja, mereka kesulitan memahami apa sih maksud dari pertanyaan itu,” kata Warsih.

Pada proses ujian yang dilaksanakan di SLB Negeri ini berjalan lancar, itu terlihat dari raut wajah anak-anak SMPLB, mereka sangat siap dalam mengerjakan soal-soal ujian. Dan, untuk pelaksanaan UNPK pada SMPLB ini tidak berbeda dengan SMP yang lain, dilaksanakan selama 4 hari yaitu dimulai sejak tanggal 22 sampai 25 april 2019.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *